I. SEBAB MUSABAB DINAMAKAN TARWIYAH DAN ARAFAH
Imam Ibnu Qudamah menerangkan di dalam Kitab AL MUGHNI juz 3 halaman 429:
سُمِّيَ بِذَلِكَ لِأَنَّ إِبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ رَأَى لَيْلَتَئِذٍ فِي الْمَنَامِ ذَبْحَ اِبْنِهِ فَأَصْبَحَ يَرْوَى فِيْ نَفْسِهِ أَهُوَ حِلْمٌ أَمْ مِنَ اللهِ تَعَالَى ؟ فَسُمِّيَ يَوْمَ التَّرْوِيَةِ فَمَا كَانَ لَيْلَةُ عَرَفَةَ رَأَى ذَلِكَ أَيْضًا فَعَرَفَ أَنَّهُ مِنَ اللهِ تَعَالَى فَسُمِّيَ يَوْمَ عَرَفَةَ
Dinamakan hari TARWIYAH karena Nabi Ibrohim ‘alaihissalaam mimpi menyembelih putranya di malam tarwiyah.
Beliau berfikir : “ini cuma sekedar mimpi atau dari Allah ta'ala ?
oleh karena itulah dinamakan TARWIYAH yg maknanya 'berfikir'.
kemudian di malam AROFAH Nabi Ibrohim mimpi lagi sama dengan mimpi di malam TARWIYAH.
Nabi Ibrohim kemudian mengetahui bahwa menyembelih putranya itu merupakan perintah dari Allah ta'ala, oleh karena itulah dinamakan AROFAH yg artinya 'mengetahui'.
II. KEUTAMAAN PUASA HARI TARWIYAH DAN HARI AROFAH
Imam Ibnu Qudamah meriwayatkan di dalam Kitab:
جُزْءٌ فِيْهِ فَضْلُ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ وَعَرَفَةَ
Halaman 1 s/d 12
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ صَامَ يَوْمَ التَّرْوِيَةِ أَعْطَاهُ اللهُ مِثْلَ ثَوَابِ أَيُّوْبَ عَلَى بَلَائِهِ، وَإِنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ أَعْطَاهُ اللهُ مِثْلَ ثَوَابِ عِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ
Diceritakan dari shahabat Anas bin Malik, beliau berkata:
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Barang siapa puasa hari TARWIYAH maka Allah ta'ala memberikan kepada orang itu sepeti pahalanya Nabi Ayyub atas cobaan beliau. Dan barang siapa puasa hari AROFAH maka Allah Ta'ala memberikan kepada orang itu seperti pahalnya sepadane ganjarane Nabi Isa bin Maryam.”
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: صَوْمُ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ كَفَّارَةُ سَنَةٍ، وَصَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ كَفَّارَةُ سَنَتَيْنِ
Diceritakan dari Shahabat Ibnu Abbas, beliau berkata:
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Puasa hari TARWIYAH melebur dosa setahun. Puasa hari AROFAH melebur dosa dua tahun.”
عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ أَحْيَا اللَّيَالِيَ الْأرْبَعَ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ: لَيْلَةَ التَّرْوِيَةِ، وَلَيْلَةَ عَرَفَةَ، وَلَيْلَةَ النَّحْرِ، وَلَيْلَةَ الْفِطْرِ
Diceritakan dari shahabat Mu’adz bin Jabal, beliau berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Barang siapa menghidupkan empat malam ini, maka wajib baginya syurga,
- Malam TARWIYAH
- Malam AROFAH
- Malam Idul Adha
- Malam Idul Fitri
wallohu a'lam
Imam Ibnu Qudamah menerangkan di dalam Kitab AL MUGHNI juz 3 halaman 429:
سُمِّيَ بِذَلِكَ لِأَنَّ إِبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ رَأَى لَيْلَتَئِذٍ فِي الْمَنَامِ ذَبْحَ اِبْنِهِ فَأَصْبَحَ يَرْوَى فِيْ نَفْسِهِ أَهُوَ حِلْمٌ أَمْ مِنَ اللهِ تَعَالَى ؟ فَسُمِّيَ يَوْمَ التَّرْوِيَةِ فَمَا كَانَ لَيْلَةُ عَرَفَةَ رَأَى ذَلِكَ أَيْضًا فَعَرَفَ أَنَّهُ مِنَ اللهِ تَعَالَى فَسُمِّيَ يَوْمَ عَرَفَةَ
Dinamakan hari TARWIYAH karena Nabi Ibrohim ‘alaihissalaam mimpi menyembelih putranya di malam tarwiyah.
Beliau berfikir : “ini cuma sekedar mimpi atau dari Allah ta'ala ?
oleh karena itulah dinamakan TARWIYAH yg maknanya 'berfikir'.
kemudian di malam AROFAH Nabi Ibrohim mimpi lagi sama dengan mimpi di malam TARWIYAH.
Nabi Ibrohim kemudian mengetahui bahwa menyembelih putranya itu merupakan perintah dari Allah ta'ala, oleh karena itulah dinamakan AROFAH yg artinya 'mengetahui'.
II. KEUTAMAAN PUASA HARI TARWIYAH DAN HARI AROFAH
Imam Ibnu Qudamah meriwayatkan di dalam Kitab:
جُزْءٌ فِيْهِ فَضْلُ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ وَعَرَفَةَ
Halaman 1 s/d 12
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ صَامَ يَوْمَ التَّرْوِيَةِ أَعْطَاهُ اللهُ مِثْلَ ثَوَابِ أَيُّوْبَ عَلَى بَلَائِهِ، وَإِنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ أَعْطَاهُ اللهُ مِثْلَ ثَوَابِ عِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ
Diceritakan dari shahabat Anas bin Malik, beliau berkata:
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Barang siapa puasa hari TARWIYAH maka Allah ta'ala memberikan kepada orang itu sepeti pahalanya Nabi Ayyub atas cobaan beliau. Dan barang siapa puasa hari AROFAH maka Allah Ta'ala memberikan kepada orang itu seperti pahalnya sepadane ganjarane Nabi Isa bin Maryam.”
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: صَوْمُ يَوْمِ التَّرْوِيَةِ كَفَّارَةُ سَنَةٍ، وَصَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ كَفَّارَةُ سَنَتَيْنِ
Diceritakan dari Shahabat Ibnu Abbas, beliau berkata:
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Puasa hari TARWIYAH melebur dosa setahun. Puasa hari AROFAH melebur dosa dua tahun.”
عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ، قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ أَحْيَا اللَّيَالِيَ الْأرْبَعَ وَجَبَتْ لَهُ الْجَنَّةُ: لَيْلَةَ التَّرْوِيَةِ، وَلَيْلَةَ عَرَفَةَ، وَلَيْلَةَ النَّحْرِ، وَلَيْلَةَ الْفِطْرِ
Diceritakan dari shahabat Mu’adz bin Jabal, beliau berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Barang siapa menghidupkan empat malam ini, maka wajib baginya syurga,
- Malam TARWIYAH
- Malam AROFAH
- Malam Idul Adha
- Malam Idul Fitri
wallohu a'lam