Sunday, November 20, 2016

SIKAP YANG TEPAT SAAT DICURHATI ORANG

SIKAP YANG TEPAT SAAT DICURHATI ORANG
Oleh: Al Habib Ahyad Banahsan As Sakran


Jika ada dua orang atau dua pihak sedang berselisih. Kemudian satu orang atau satu pihak mengadukan perselisihan itu kepada kita serta meminta kepada kita membantu mereka menyelesaikan perselisihan tersebut secara baik-baik. Maka sebaiknya pengaduan dan permintaan mereka jangan ditanggapi dan anggap saja tidak ada.
Isma', summa tabassam, summa tajaahal, summa Taghoofal, artinya: Dengarkan, lalu tersenyum, kemudian berlagak tidak tahu, setelah itu lupakan.

Karena jika kita menanggapinya kita bisa terjebak kepada empat hal tanpa kita sadari.
Pertama: Kita menganggap materi pengaduan sebagai kebenaran, padahal materi yang diadukan bisa benar, bisa ditambah, bisa dikurangi, dan bisa salah sama sekali.
Kedua: Kita tergoda untuk mengetahui rahasia orang lain yang akan menyebabkan ghibah jika benar dan kebohongan besar jika salah.
Ketiga: Kita tersanjung untuk menjadi "pahlawan kesiangan" yang dapat menyelesaikan masalah yang belum tentu kita mampu untuk menyelesaikannya.
Keempat: Kita bertindak tidak adil karena secara tak sadar membela pihak pengadu, karena dari dia kita mendengar pertama kali pengaduan yang belum tentu benar.
Adalah kewajiban seorang muslim untuk menyelesaikan perselisihan di antara dua orang atau dua pihak yang bertikai. Tetapi kewajiban tersebut ada di pundak kita jika kita berada pada posisi yang tepat seperti ayah terhadap anak-anaknya, guru terhadap murid-muridnya, hakim terhadap rakyat, manajer terhadap pegawai-pegawainya, dan seterusnya. Selain itu kewajiban tersebut ada di pundak kita jika kita menguasai persoalan yang diperselisihkan dengan baik, jika kita memiliki kemampuan untuk menyelesaikan persoalan tersebut, jika kedua orang atau kedua pihak yang berselisih mengadukan persoalan mereka secara bersamaan di satu waktu disatu tempat, dan jika kita dapat bersikap adil terhadap kedua orang atau kedua pihak yang berselisih.
Jika tidak terpenuhi beberapa kriteria di atas jangan bersikap gegabah untuk menyelesaikan masalah diantara dua orang atau dua pihak yang berselisih, karena bisa terjadi kezoliman terhadap satu pihak, yang mana hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan dapat menyebabkan persoalan menjadi bertambah ruwet dan rumit serta kezoliman menjadi bertambah besar dan luas.

No comments:

Post a Comment