Thursday, February 2, 2017

#Ngaji_Sejarah

#Ngaji_Sejarah

Adakah yg tahu berapakah jumlah sahabat Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam ?
Tentu saja ada, karena banyak sekali kitab2 sejarah yg membahas tentang biografi para sahabat -semoga Allah meridhloi mereka-.
Menurut Abu Zur'ah gurunya Imam Muslim, sahabat Nabi jumlahnya lebih dari 100.000.
Menurut Imam Suyuti, jumlah para sahabat Nabi adalah 124.000.
jumlah tsb sama dengan jumlah semua para Nabi.
Syeh Syihab Al Manini dalam nadzomnya berkata :
وَصَحْبُهُ أَفْضَلُ خَلْقِ اللَّهِ # بَعْدَ النَّبِيِّينَ بِلَا اشْتِبَاهِ
هُمْ كَالنُّجُومِ كُلُّهُمْ مُجْتَهِدُ # يَا وَيْلَ أَقْوَامٍ بِهِمْ لَمْ يَهْتَدُوا
وَالْفَضْلُ فِيمَا بَيْنَهُمْ مَرَاتِبُ # وَعَدُّهُمْ لِلْأَنْبِيَا يُقَارِبُ
Dan para sahabatnya (Nabi Muhamamd) adalah makhluk Allah yg paling utama # setelah para Nabi, tanpa ada keraguan padanya.
Mereka bagaikan bintang dan mereka semua adalah mujtahid # celakalah kaum yg dengan mereka tdk mendapatkan petunjuk.
Keutamaan diantara mereka tingkatannya berbeda2 # dan jumlah mereka mendekati jumlah para Nabi.
wallohu a'lam.
~Syarah Mundhumah Adab~

#Ngaji_Karomah_Wali

#Ngaji_Karomah_Wali

Fatimah putrinya imam Ahmad Bin Hambal pernah berkata :
" Terjadi kebakaran di rumah saudaraku, Sholih. saat itu Sholih sedang mempersiapkan harta utk pernikahan senilai 4.000 dinar dan semua itu terbakar habis.
sholih berkata : "
yg telah terbakar habis itu tdklah membuatku sedih, kecuali baju ayahku yg dulu biasa di pakai sholat, aku mengambil berkah dari baju tsb dan sholat dengan memakai baju itu. "
Ketika api telah padam, banyak orang yg memasuki rumahnya dan ternyata mereka menemukan bajunya imam ahmad berada di atas dipan yg telah terbakar sekitarnya, sedangkan baju tersebut masih utuh selamat. "

Qodhil qudhot Ali bin al husain menceritakan bahwa terjadi kebakaran di rumahnya, seisi rumah semuanya terbakar habis kecuali satu buku yg di dalamnya terdapat tulisan imam ahmad bin hambal.
Abul Faroj Ibnul Juauzy berkata :
" Ketika terjadi banjir besar di Baghdad tahun 554 H, semua kitabku ikut tengelam kecuali satu jilid kitab yg did alamnya terdapat dua lembar dari tulisan imam ahmad bin hambal -semoga Allah merahmatinya- "
wallohu a'lam.
~Al Adabus Syar'iyyah~

#Ngaji_IlmuAlam

#Ngaji_IlmuAlam

Imam Jalaluddin As Suyuti dalam salah satu kitabnya menjelaskan :
" Pada mulanya Allah ta'ala menciptakan elemen panas, asal elemen panas dari gerak penciptaan yg tdk lain adalah Qudrat Allah ta'ala dan cikal bakal dari segala sesuatu yg bergerak.
Kemudian Allah menciptakan elemen dingin, asal elemen dingin dari diam penciptaan yg tdk lain adalah Qudrat Allah ta'ala dan cikal bakal dari segala sesuatu yg tidak bergerak.
Elemen panas dan elemen dingin merupakan pasangan pertama, Allah ta'ala berfirman :

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ
" Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah "
(adz dzariyat ayat 49)
Kemudian elemen panas bergerak menuju ke elemen dingin dengan gerakan sirr yg Allah titipkan padanya. keduanya berpadu, maka terlahirlah elemen kering dari elemen panas, dan elemen basah dari elemen dingin.
jadi, telah ada 4 elemen ( panas, dingin, kering dan basah) yg menyatu dalam satu materi ruhani, dan ini adalah penyatuan awwal yg luas.
Selanjutnya elemen panas naik bersama dengan elemen basah, dari keduanya Allah menciptakan elemen kehidupan dan cakrawala bagian atas. (bersifat ruhani)
sedangkan elemen dingin turun bersama dengan elemen kering, dari keduanya Allah menciptakan elemen kematian dan cakrawala bagian bawah.(bersifat materi)
Materi membutuhkan ruhani yg telah naik tadi, kemudian Allah ta'ala memutar cakrawala bagian atas menuju ke cakrawala bawah dengan dua kali putaran, maka berpadulah elemen panas dengan elemen dingin dan elemen basah dengan elemen kering.
dari percampuran tsb terlahir empat unsur yg baru, yaitu :
perpaduan elemen panas dengan elemen kering menghasilkan unsur api,
perpaduan elemen panas dengan elemen basah menghasilkan unsur udara ,
perpaduan elemen basah dengan elemen dingin menghasilkan unsur air,
dan perpaduan elemen kering dengan elemen dingin menghasilkan unsur tanah.
ini adalah perpaduan alami yaitu susunan rangkap bagi para elemen pada kedua kalinya, kemudian darinya Allah menciptakan alam bagian atas dan menyusun pertambangan darinya.
pertambangan merupakan awal dari 3 susunan yg ada.
Kemudian Allah memutar cakrawala atas menuju ke cakrawala bawah lagi (ini adalah putaran ketiga) , maka terlahirlah tumbuh2an dan hewan2. (ini adalah susunan yg kedua)
kemudian Allah memutar cakrawala atas menuju ke cakrawala bawah ke empat kalinya, maka terlahirlah hewan yg bisa berfikir yaitu manusia , manusia adalah akhir dari susunan, susunan yg paling bagus dan yg paling sempurna.
Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda :
خلق الله الانسان من اربعة اشياء من الماء والطين والنار والريح اما اذا كثر من الماء فيكون حافظا او عالما او فقيها او كريما واما اذا كثر من الطين فيكون سفاكا خبيثا مفلسا في الدنيا والاخره واما اذا كثر من النار فيكون عوانا او ظالما واما اذا كثرمن الريح فيكون كذابا
" Allah menciptakan manusia dari 4 unsur, air, tanah, api dan udara.
adapun jika banyak airnya maka dia menjadi orang yg hafidz atau alim, atau faqih, atau karim, adapun jika banyak tanahnya maka dia menjadi orang yg banyak omong, buruk, rugi dunia dan akherat, adapun jika banyak apinya maka dia menjadi orang yg banyak menolong atau orang dholim, dan adapun jika banyak udaranya maka dia menjadi seorang pembohong "
shodaqo Rasululloh shollallohu alaihi wasallam, washodaqo Habibulloh.
wallohu a'lam.
~Tibbur Rohmah fit Tib wal Hikmah~

#Ngaji_Tasawuf

#Ngaji_Tasawuf

Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda :
" tidak akan masuk neraka orang yg menangis karena takut kepada Allah , hingga air susu kembali kedalam ambingnya ."
dalam kitab daqoiq di ceritakan:
" seorang hamba di datangkan di hari kiamat, ternyata keburukannya lebih banyak daripada kebaikannya.
dia di perintahkan utk masuk neraka, kemudian sehelai rambut dari bulu matanya berkata :
" wahai Tuhanku, utusanmu Muhammad shollallohu alaihi wasallam pernah bersabda bahwa barang siapa menangis karena takut kpd Allah maka Allah mengharamkan mata tsb dari neraka, dan sungguh aku menangis sebab takut kepada-Mu ."
lalu Allah mengampuninya dan menyelamatkannya dari neraka sebab berkahnya satu helai rambut yg dulunya menagis karena takut kpd Allah ta'ala di dunia, Malaikat jibril alaihis salam berseru :
" fulan bin fulan telah selamat sebab sehelai rambut ."
dalam kitab bidayatul hidayah, ketika hari kiamat tiba neraka jahannam di datangkan, kemudian bersuara sekali maka setiap umat berlutut sebab terornya jahannam sebagaimana firman Allah :
" dan pada hari itu engkau lihat setiap umat berlutut "
(al jatsiyah ayat 28)
setiap umat dipanggil utk menrima buku catatan amalnya, ketika mereka mendatangi neraka, mereka medengar suaranya neraka jahannam yg bisa terdengar jarak 500 tahun.
setiap Nabi berkata : " nafsi ...nafsi.."
kecuali Nabi pilihan yaitu Muhammad shollallohu alaihi wasallam, beliau berkata :
" ummati ... ummati ..."
dari neraka jahannam keluar api sebesar gunung, maka umat Muhammad berusaha sekuat tenaga utk menolaknya, mereka berkata : " wahai api, dengan haknya orang2 yg sholat, haknya orang2 yg bersedekah, haknya orang2 yg khusyu' dan haknya orang2 yg berpuasa, menyingkirlah "
tapi api tsb tdk mau menyingkir.
malaikat jibril alaihis salaam berseru bahwa api sedang menuju umat muhammad shollallohu alaihi wasallam,
kemudian jbril membawa secawan air dan diberikan kpd Rasululloh shollallohu alaihi wasallam.
jibril berkata : " wahai Rasululloh, ambillah air ini dan siramkanlah pada api tsb. "
lalu Nabi menyiramkanya dan seketika itu juga apinya padam.
Nabi berkata : " air apakah ini ?"
jibril menjawab :
" ini adalah air matanya orang2 yg bermaksiyat dari umatmu, mereka menangis karena takut kpd Allah ta'ala , dan saat ini aku di perintah utk memberikan air itu kpdmu agar engkau menyiramkannya pada api agar apinya mati dengan izin Allah ta'ala "
dalam khobar bahwa Nabi shollallohu alaihi wasallam bersabda :
" tdklah seorang hamba beriman yg keluar air mata dari kedua matanya sebesar kepala lalat sebab takut kpd Allah ta'ala, kemudian air mata tsb membasahi wajahnya maka wajah tsb tdk akan terkena api selamanya ."
dikisahkan dari muhammad bin al mungkadar -semoga Allah merahmatinya- bahwa beliau ketika menagis maka ia usapkan air matanya kewajah dan jenggotnya, beliau berkata :
" telah sampai kpdku bahwa api tdk akan memakan tempat yg terekna air mata ."
Maka seyogyanya bagi seorang beriman utk takut kpd siksaan Allah dan mencegah dirinya dari nafsu syahwat sebagaimana firman Allah :
" Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal (nya)
Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya "
(an nazi'at ayat 37-40)
Barang siapa mengharap selamat dari adzab Allah dan mendapatkan pahala dan rahmat-Nya, maka bersabarlah atas beratnya kehidupan dunia, ta'atlah kpd Allah dan jauhilah maksiyat.
wallohu a'lam.
~Mukasyafatul Qulub~

#Ngaji_Ikhlash

#Ngaji_Ikhlash

Syeh Syaqiq bin Ibrahim Az Zaahid berkata :

ada 3 hal yg menjadikan suatu amalan dinilai baik :

1. berpendapat bahwa suatu amalan tsb adalah dari Allah ta'ala,
hal ini perlu dilakukan agar tdk timbul sifat ujub`(merasa timbulnya suatu amalan dari diri sendiri)
2. amalan dilakukan dengan mengharap ridhlo Allah, hal ini perlu dilakukan utk mengekang hawa nafsu.
3. mengharapkan pahala amalan dari Allah ta'ala,
hal ini perlu dilakukan utk menghindari sifat tamak (mengharap kpd makhluk) dan sifat riya' (pamer)
dengan ke tiga hal itulah amalan kebaikan menjadi ikhlash.

perkataan syeh Syaqiq " berpendapat bahwa suatu amalan tsb adalah dari Allah ta'ala " maksudnya adalah dengan mengetahui bahwa Allah ta'ala lah yg telah menolong kita utk melakukan amalan tsb, karena ketika seorang hamba mengetahui bahwa dia telah ditolong oleh Allah dalam beramal maka dia akan sibuk berdyukur dan tdk ujub dengan amalannya.
perkataan syeh syaqiq " amalan dilakukan dengan mengharap ridhlo Allah" maksudnya adalah melihat pada amalan tsb, jika amalannya karena Allah dan dalam amalan tsb terdapat ridhlo-Nya maka lakukanlah amalan tsb, dan jika mengetahui bahwa dalam amalan tsb tdk ada ridhlo Allah maka jangan melakukannya agar tdk beramal dengan menurut hawa nafsu karena firman Allah
" sesungguhnya hawa nafsu memerintahkan pada keburukan "
perkataan syeh syaqiq " mengharapkan pahala amalan dari Allah ta'ala " maksudnya adalah amal ikhlash karena Allah ta'ala dan tdk peduli perkataan orang2, sebagaimana di riwayatkan dari sebagian ulama' ahli hikmah yg berkata :
" seyogyanya seseorang yg beramal itu mengambil adab dari penggembala kambing "
" mengapa begitu ?" tanya seseorang.
ulama' tsb berkata : " karena, penggembala kambing ketika sholat di dekat kambing2nya maka dia tdk mengharap pujian drai kambing dengan sholatnya, begitu juga dengan orang yg beramal, maka seharusnya dia tdk memperdulikan pandangan orang2 kpdnya, jadi dia beramal karena Allah ta'ala ketika berada bersama manusia dan ketika sendirian di rumahnya, serta tdk mencrari pujian dari manusia. "
Sebagian ulama' berkata :
" suatu amalan membutuhkan 4 hal agar selamat :
1. butuh ilmu sebelum memulainya, karena amalan tdk patut tanpa ilmu, jika beramal tanpa ilmu maka keburukannya lebih banyak daripada kebaikannya.
2. membutuhkan niat pada pemulaannya, karena amalan tdk baik kecuali dengan niat sebagaimana sabda Nabi shollallohu alaihi wasallam " sesunguhnya amalan tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan apa yg diniatkannya "
3. membutuhkan kesabaran ketika beramal, yaitu bersabar hingga dia melaksanakan amalannya dengan tenang dan tuma'ninah.
4. membutuhkan keikhlasan setelah selesai melaksanakan amalanya, karena amalan tdk diterima tanpa adanya keikhlasan , jadi ketika engku beramal dengan ikhlash maka Allah ta'ala menerima amalan darimu dan hati para hamba menghadap kdpamu .
diriwayatkan dari Harom bin Hayyan bahwa beliau berkata :
" tdklah seorang hamba menghadap kpd Allah ta'ala dengan hatinya kecuali Allah ta'ala akan menghadapkan kpdnya dengan hati keimanan , hingga memberinya rizki kecintaan dan kasih sayang mereka "
wallohu a'lam.
~Tambihul Ghofilin~

SILATURRAHIM

SILATURRAHIM


Ketika Nabi ditanya: "Siapa manusia yang paling utama?". Nabi menjawab: (Manusia yang paling utama adalah) mereka yang paling bertaqwa kepada Allah dan paling baik hubungan tali persaudaraanya (silaturrahim).
Ketika Nabi ditanya tentang amalan yang dapat mengantarkan masuk surga dan menjauhkan dari siksa api neraka, Nabi menjawab: Sembahlah Allah dan janganlah sekali-kali engkau menyekutukannya dengan suatu apapun, dirikan sholat, tunaikan zakat dan pererat tali persaudaraan.
Disebutkan dalam beberapa hadis bahwa rahmat Allah tidak akan turun kepada suatu kaum yang di dalamnya ada yang memutuskan tali persaudaraan. Nabi juga menyebutkan bahwa dua langkah kaki yang paling dicintai Allah adalah:

1. Langkah menuju sholat fardhu.
2. Langkah mendatangi saudara kerabat.

Mari kita jaga hubungan persaudraan kita dengan baik dan mari kita niatkan WA untuk menyambung tali persaudaraan diantara kita. Semoga rahmat kasih sayang Allah senantiasa menaungi dalam setiap langkah kita. Amin.
Allahu a'lam.

NGAJI FAEDAH : "Sunnah dan Larangan Saat Buang Hajat"

#Ngaji_Faedah
 
ketika kita buang hajat terdapat beberapa adab yg sunnah dilakukan, diantaranya adalah tdk berbicara saat buang hajat, tdk melihat kotoran yg keluar, tdk sambil makan atau minum dan lain2.
berikut ini adalah sebab mengapa hal itu tdk boleh dilakukan, sebagaimana keterangan dalam kitab i'anatut tolibin :

(faedah) :
1. Barang siapa yg memperbanyak bicara saat buang hajat maka di khawatirkan kemasukan jin,
2. barang siapa melihat terus pada kotoran yg keluar maka akan mendapat cobaan berupa kuningnya gigi,
3. barang siapa membuang ingus saat buang hajat maka akan mendapat cobaan tuli/tdk bisa mendengar,
4. barang siapa makan ketika buang hajat maka akan mendapat cobaan kefaqiran,
5. barang siapa sering menolah-noleh saat buang hajat maka akan mendapat cobaan penyakit was was.
sedangkan dalam kitab bughyatul mustarsyidin sbb :
(Faedah) :
1. Sesungguhnya meludahi kotoran yang dikeluarkan seseorang akan menimbulkan penyakit was-was (ragu-ragu) dan kuningnya gigi dan pelakunya akan mendapatkan cobaan suatu penyakit darah.
2. orang yang siwakan menggosok gigi ketika buang air besar di WC beresiko menjadi pelupa dan buta.
3. orang yg terlalu lama duduk ketika buang hajat menyebabkan sakit liver dan bawasir.
4. mengeluarkan Ingus dr hidung ketika buang hajat menyebabkan tuli (pendengaran berkurang) dan kesusahan.
5. Menggerak-gerakkan cincin ketika buang hajat menyebabkan didatangi syetan
6. berbicara ketika buang hajat selain dhorurot menyebabkan murkanNya Alloh
7. membunuh kutu ketika buang hajat menyebabkan datangnya syetan tiap malam selama 40 malam yang akan mengganggu orang tersebut agar tak dzkir (lupa) pada Alloh.
8. memejamkan mata ketika buang hajat bisa menyebabkan kemunafikan.
9. membuang batu yg digunakan utk istinjak ke kotoran yg keluar bisa menyebabkan penyakit angin.
10. mengeluarkan gigi dan menjadikan kepala berada diantara kedua tangan bisa mengkeraskan hati, menghilangkan sifat malu dan menyebabkan penyakit lepra.
11. bersandar ke tembok ketika buang hajat bisa menghilangkan cairan wajah dan menyebabkan perut kembung.
Wallohu a'lam