FUTUHUL GHAIB Risalah ke-55
[Menyingkap Rahasia Ilahi]
Mutiara karya Syeikh Abdul Qodir Al-Jailany ra
Kesenangan hidup ini dibuang sebanyak tiga kali.
Pada mulanya, seorang hamba Allah berada dalam kegelapan kejahilannya
dan dalam keadaan yang yang tidak tentu arah, ia bertindak
sewenang-wenang dalam seluruh tindak-tanduk hidupnya dengan menuruti
hawa nafsu kebinatangannya semata-mata, tanpa mau mengabdikan dirinya
kepada Allah dan tanpa pegangan agama yang mengawal dirinya.
Dalam keadaan seperti ini, Allah melihatnya dengan penuh kasih sayang.
Oleh karena itu, Allah mengutus seorang penasehat kepadanya dari
orang-orang yang termasuk dalam golongannya yang juga seorang hamba
Allah yang baik, dan satu penasehat lagi yang terdapat dalam dirinya
sendiri.
Kemudian, kedua penasehat ini mempengaruhi dirinya.
Sehingga, hamba itu dapat melihat cacad yang ada pada dirinya seperti
mengikuti hawa nafsu saja dan tidak mengikuti yang haq (benar). Dengan
demikian, ia cenderung untuk mengikuti peraturan-peraturan atau
hukum-hukum Allah di dalam semua tindak-tanduknya.
Kemudian hamba
itu menjadi seorang Muslim yang berdiri tegak di dalam hukum-hukum
Allah, keluar dari keadaannya yang jahil dan meninggalkan hal-hal yang
haram dan meragukan.
Hamba itu hanya mengambil perkara-perkara
yang halal saja seperti makan, minum, bepergian, kawin dan lain
sebagainya yang kesemuanya diperlukan untuk menjaga kesehatan dan
kekuatan untuk patuh kepada Allah, asalkan ia menerima sepenuhnya apa
yang diberikan Allah kepadanya dan tidak boleh melampaui batas serta
tidak boleh keluar dari kehidupan dunia ini sebelum ia pergi
mendapatkannya dan menyempurnakannya.
Maka berjalanlah ia di
dalam hal-hal yang halal dalam seluruh keadaan hidupnya ini, sehingga ia
mencapai peringkat kewalian (wilayah) dan masuk ke dalam golongan
orang-orang yang membenarkan hakekat dan orang-orang pilihan Allah yang
menghendaki berdampingan dengan Allah SWT.
Setelah itu, iapun
hanya berjalan di dalam perintah Allah saja, dan di dalam dirinya ia
mendengar firman Allah yang maksudnya kurang lebih, “Buanglah dirimu
sendiri dan marilah ke mari; buanglah kelezatan dan kemewahan mahluk,
jika kamu menghendaki Allah. Buanglah dunia dan akhirat serta
kosongkanlah diri dari segala-galanya. Merasa senanglah dengan ke-Esa-an
Allah. Buanglah syirik dan bersikap ikhlaslah. Kemudian, masuklah ke
dalam majlis ke-Tuhan-an dan mendekatlah kepada-Nya dengan bersujud dan
menghinakan diri serta tidak lagi mempedulikan hal-hal keduniaan dan
keakhiratan, atau mahluk atau kemewahan hidup.”
Apabila ia telah
sampai kepada peringkat ini dan telah teguh di dalamnya, maka ia akan
menerima pakaian kemuliaan dan kehormatan dari Allah, dan Allah akan
melimpahkan nur dan berbagai karunia.
Lalu dikatakan kepadanya,
“Pergunakanlah rahmat dan nikmat-Ku, dan janganlah bersikap angkuh serta
jangan pula membuang kehendak atau kemauan, karena menolak pemberian-Ku
itu bisa memberatkan Aku dan memperkecil kekuasaan-Ku”.
Kemudian, iapun diberi pakaian yang mulia dan terhormat itu, tanpa ia
sendiri memainkan peranan di dalam perkara tersebut. Sebelum itu, ia
diselimuti oleh kemauan hawa nafsunya sendiri saja, lalu dikatakanlah
kepadanya, “Selimutilah dirimu dengan rahmat dan karunia Allah.”
Jadi, bagi dia, ada empat peringkat di dalam mencapai kebahagiaan dan bagiannya.
Peringkat pertama, ialah kehendak hawa nafsu kebinatangan semata dan ini adalah diharamkan.
Peringkat kedua, ialah menuruti hukum dan undang-undang Allah, dan ini diperbolehkan.
Peringkat ketiga adalah peringkat-peringkat batin, dan ini adalah
peringkat kewalian (wilayah) dan membuang hawa nafsu kebinatangan.
Peringkat keempat adalah peringkat keridhaan dan karunia Illahi, di
sini lenyaplah kehendak dan maksud diri. Inilah peringkat Badaliyyat.
Hamba itu masuk ke dalam majlis ke-Tuhan-an Yang Maha Tinggi, ia
berserah bulat kepada Allah dan menuruti perbuatan Allah semata-mata.
Inilah peringkat di mana ia terus mendapatkan ilmu Allah dan mempunyai
sifat-sifat yang baik.
Seorang hamba tidak boleh dikatakan benar dan baik, jika ia belum mencapai peringkat ini.
Ini sesuai dengan firman Allah yang maksudnya lebih kurang,
“Sesungguhnya kawanku ialah Allah yang menurunkan Al Qur’an dan Dia
menolong orang-orang yang baik.”
Oleh karena itu, hamba yang
telah mencapai peringkat keempat ini tidak lagi mempergunakan apa-apa
yang memberikan manfaat kepada dirinya dan tidak pula menghindarkan
apa-apa yang memberikan mudharat kepada dirinya.
Ia seperti bayi
di pangkuan ibunya atau seperti mayat di tangan orang-orang yang sedang
memandikannya. Ia hanya bergantung kepada qadha’ dan qadar Allah
semata-mata, tanpa memilih dan tanpa berusaha apa-apa.
Ia kembali kepada Allah untuk melakukan apa saja karena-Nya.
Ia tidak mempunyai apa-apa lagi. Kadang-kadang Allah memberinya
kesusahan dan kadang-kadang memberinya kesenangan. Kadang-kadang ia kaya
dan kadang-kadang ia miskin papa. Ia tidak mau memilih atau
menginginkan suatu posisi atau pertukaran posisi. Sebaliknya, ia ridha
dan senang hati kepada apa saja yang diperbuat Allah terhadapnya.
Inilah peringkat terakhir dalam pengembaraan kerohanian yang dicapai oleh para Abdal dan Aulia.
المقالة الخامسة والخمسون
فــي تــرك الـحــظــوظ
قـال رضـي الله تـعـالى عـنـه و أرضـاه : ترك الحظوظ ثلاث مرات: الأولى
يكون العبد ماراً في عشواه متخبطاً فيه متصرفاً بطبعه في جميع أحواله من
غير تعبد لربه و لازم في الشرع يرده و لا جده من جدود ينتهي إليه عن حكمه،
فبينما هو على ذلك ينظر الله إليه يعنى يرحمه، فيبعث الله إليه واعظاً من
خلقه من عباده الصالحين فينبهه، و يثنيه بواعظ من نفسه، فيتضافر الواعظان
على نفسه و طبعه، فتعمل الموعظة عملها، فتبين عندها عيب ما هي فيه من ركوب
مطية الطبع و المخافة فتميل إلى الشرع في جميع تصرفاتها فيصير العبد مسلماً
قائماً مع الشرع فانياً عن الطبع، فيترك حرام الدنيا و شبهاتها و منن
الخلق، فيأخذ مباح الحق عز و جل و حلال الشرع في مأكله و مشربه و ملبسه و
منكحه و جميع ما لابد منه، لتحتفظ البنية و يتقوى على طاعة الرب عز و جل، و
ليستوفى قسمه المقسوم له الذي لا يتجاوزه و لا سبيل إلى الخروج من الدنيا
قبل تناوله و التلبس به و استيفائه فيسير على مطية المباح و الحلال في
الشرع في جميع أحواله تنتهي به هذه المطية إلى عتبة الولاية و الدخول في
زمرة المحققين و الخواص أهل العزيمة مريدي الحق، فيأكل بالأمر، فحينئذ يسمع
نداء من قبل الحق عز و جل من باطنه: أترك نفسك و تعال، أترك الحظوظ و
الخلق إن أردت الخالق، و أخلع نعليك، و دنياك و آخرتك، و تجرد عن الأكوان و
الموجودات و ما سيوجد و الأماني بأسرها، و تعر عن الجميع وافن عن الكل و
تطيب بالتوحيد و أترك الشرك و صدق الإرادة. ثم وطء البساط بالأدب مطرقاً،
لا تنظر يميناً إلى الآخرة و لا شمالاً إلى الدنيا و لا إلى الخلق و لا إلى
الحظوظ، فإذا دخل في هذا المقام، و تحقق الوصول جاءت الخلعة من قبل الحق
عز و جل، و غشيته أنواع المعارف و العلوم و أنواع الفضل، فيقال له: تلبس
بالنعم و الفضل و لا تسئ الأدب بالرد وترك التلبس، لأن رد نعم الملك
افتئاتا على الملك و استخفافاً بحضرته و حينئذ يتلبس بالفضل و القسمة بالله
من غير أن يكون هو فيه و من قبل كأن يتلبس بهواه و نفسه فله أربع حالات في
تناول الحظوظ و الأقسام:
الأولى بالطبع هو الحرام. و الثانية بالشرع و
هو المباح و الحلال. و الثالثة بالأمر و هي حالة الولاية و ترك الهوى. و
الرابعة بالفضل و هي حالة زوال الإرادة و حصول البدلية و كونه مراداً
قائماً مع القدر الذي هو فعل الحق و هي حالة العلم و الاتصاف بالصلاح، فلا
يسمى صالحاً على الحقيقة إلا وصل إلى هذا المقام، و هو قوله تعالى:
إِنَّ وَلِيِّـيَ اللّهُ الَّذِي نَزَّلَ الْكِتَابَ وَهُوَ يَتَوَلَّى
الصَّالِحِينَ الأعراف196. فهو العبد الذي كفت يده عن جلب مصالحه و منافعه و
عن رد مضاره و مفاسده، كالرضيع مع الظئر، و الميت الغسيل مع الغاسل،
فتتولى يد القدر تربيته من غير أن يكون له اختيار و تدبير، فان عن جميع ذلك
لا حالاً و لا مقاماً و لا إرادة، بل القيام مع القدرة، تارة يبسط و تارة
يغنى و تارة يفقر، و يختار و لا يتمنى زوال ذلك و تغيره، بل الرضى الدائم و
الموافقة الأبدية، فهو آخر ما تنتهي أحوال الأولياء قدست أسرارهم.
و الله أعلم.