Tuesday, May 31, 2016

Hari Lahirnya Pancasila




 




BANDUNG-  Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan memimpin peringatan Hari Pancasila di Bandung. Ia akan berpidato pada puncak acara peringatan pidato Bung Karno di Gedung Merdeka.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menetapkan 1 Juni menjadi hari libur nasional dan akan berlaku mulai 2017. Hal itu diungkapkan Jokowi saat memberi sambutan dalam peringatan Hari Lahir Pancasila dan Pidato Bung Karno di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Rabu (1/6/2016).
Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi Sapto Prabowo menuturkan, pemerintah akan mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) terkait Hari Pancasila, Rabu (1/6) besok, di Bandung, Jawa Barat.

Keppres tersebut, kata Johan, saat ini masih digodok dan diselesaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Penentuan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila besok diumumkan (akan diatur) melalui Keppres," ujar Johan di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (31/5).


"Dengan mengucap syukur ke hadirat Allah SWT, dengan mengucap bismillah, dengan keputusan presiden, tanggal 1 Juni ditetapkan, diliburkan, dan diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila," kata Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan hadirin.
Sebelum membacakan keputusannya, Jokowi sempat bercerita panjang-lebar seputar Pancasila. Ia mengungkap pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia.
Hal itu yang kemudian membuatnya menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila. Dengan begitu, Pancasila diharapkan semakin diamalkan dan dijaga kelanggengannya.
"Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara harus diketahui asal-usulnya. Pancasila harus diamalkan, Pancasila harus jadi ideologi yang bekerja, Pancasila harus dijaga kelanggengannya," jelas Jokowi.

No comments:

Post a Comment