Thursday, February 2, 2017

AS-SAB'AT 'ASYR ( السبعات عشر )

AS-SAB'AT 'ASYR ( السبعات عشر )

Ibrahim at-Taimi rahimahulLah, seorang tokoh sufisme terkemuka pernah mengatakan pada murid-muridnya;
"Aku pernah bertemu Rasulullah di syurga dalam mimpiku, beliau menemaniku menikmati hidangan syurga yang sarat akan kelezatan dan kenikmatannya, lalu aku terbangun, setelah itu 40 tahun aku tidak pernah makan dan merasa lapar"
Beliau dalam mimpi tersebut menanyaiku; amalan apa yang engkau amalkan sehingga mengantarkanmu pada kedudukan yang tinggi ini? lalu aku menunjuki seseorang disebelah beliau, yaitu Khidzir 'alaihis salam.
Nabiyullah Khidzir mengatakan aku memberikan amalan ini, yang diamalkan setiap selesai shalat fajar & sebelum tergelincirnya matahari; AS-SAB'AT 'ASYR.
1. al-Fatihah,
2. an-Naas,
3. al-Falq,
4. al-Ihlas,
5. al-Kafirun,
6. Ayat al-Kursi
7. Shalawat kepada engkau wahai Rasulullah,
8. SubhanalLah, wal hamdulilLah, wa laa ILAAHA illalLah, walLahu akbar,
9. Memohon ampunan atas dosa-ku, kedua orangtua dan dosa sesama umat Islam.
اللهم اغفر لي ولوالدي ولأصحاب الحقوق الواجبة علي ولجميع المؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات الأحيآء منهم والأموات
Artinya, ± demikian; Ya Allah. anugrahkanlah ampunan untukku, untuk kedua orangtuaku, untuk orang² yang berhak aku mohonkan ampunan, dan untuk semua mu'minin-mu'minaat, muslimin-muslimat; baik yang hidup ataupun yang telah wafat.
10. Lalu membaca doa ini:
اللهم افعل بي وبهم عاجلا وآجلا في الدين والدنيا والآخرة ، ما أنت له أهل ولا تفعل بي يامولانا، ومانحن له أهل، إنك غفور رحيم جواد كيريم رؤف رحيم
KETERANGAN:
Setiap angka dibaca tujuh kali. Saya sudah sering mengamalkan dan Alhamdulillah disana saya mendapati sesuatu yang lebih dari anugrah ILAHIYAH. Ibrahim at-Taimi ketika menjelaskan ini mengatakan "minimal sesiapa yang mengamalkan diampuni segala dosa-kesalahannya".
Jika diperlukan, akan aku tuliskan translate lafal doa di atas. untuk yang pertama;
ALLAAHUMMAGHFIR LII WA LIWAALIDAYYA WA LI ASHAABIL HUQUQIL WAAJIBATI 'ALAYYA WA LIJAMII'IL MU'MINIINA WAL MU'MINAAT WAL MUSLIMIINA WAL MUSLIMAAT AL AHYAA-I MIN HUM WAL AMWAAT.
Kemudian yang kedua;
ALLAAHUMMAF'AL BII WA BIHIM, 'AAJILAN WA-AAJILAN FID DIIN WAD DUN-YAA WAL AAKHIRAH. MAA ANTA LAHU AHLUN WA LAA TAF'ALU BINAA YA MAWLAANA. WA MAA NAHNU LAHU AHLUN. INNAKA GHAFUURUR RAHIIM. JAWAADUN KARIIM. RA'UUFUR RAHIIM.
Ini. Yang saya maksud dari tulisan saya 'as-sab'at 'asyr'. juga pernah dinukil al-Ghazali dalam Ihya-nya. Abu Thalib al-Maky dalam Quut al-Qalb, dan Ulama² Tasawuf lainnya. Tidak berlebihan. tujuannya; supaya bermanfaat untuk diriku sendiri, untuk para santri, dan teman-teman saya. semoga senantiasa ditunjukkan dalam jalan ridla-NYA.

No comments:

Post a Comment