Friday, August 5, 2016

Erdogan Selamat dari Bidikan F-16





ANKARA – Aksi kudeta militer di Turki telah menimbulkan banyak korban jiwa baik dari warga sipil maupun dari para pemberontak itu sendiri. Para pemberontak juga menargetkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagai sasaran utama. Kendati demikian, Erdogan berhasil lolos dari kudeta berdarah tersebut.
Kudeta militer sebenarnya nyaris menewaskan orang nomor satu di Turki. Sebab, pilot F-16 dari kubu pemberontak sempat membidik pesawat Presiden Erdogan. Namun, karena pesawat mereka kehabisan bahan bakar, pilot akhirnya harus mengubah rute pesawat dan harus menggagalkan misi. Kejadian inilah yang mengakibatkan Presiden Erdogan masih tetap hidup hingga hari ini.
Kendati demikian, penyebab pasti kenapa pesawat F-16 itu tidak segera menembak Erdogan masih belum bisa dipastikan. Bahkan, mantan perwira militer menyebut peristiwa ini masih merupakan sebuah misteri.
"Setidaknya dua pesawat F-16 berusaha menghalang pesawat Erdogan saat di udara dalam perjalanan ke Istanbul," ujar mantan militer tersebut, sebagaimana dilansir Russia Today, Jumat (5/8/2016).
Saat kudeta militer 15 Juli, Presiden Erdogan berhasil dua kali selamat dari kematian. Erdogan nyaris meninggal saat ia berada di hotel untuk menikmati liburan bersama dengan keluarganya dan saat menghindari tembakan pesawat F-16 di udara.

No comments:

Post a Comment