Friday, August 5, 2016

Tiga Negara Adidaya : Jepang,Korsel dan AS Mengutuk Peluncuran Misil Korut








PYONGYANG  -  Pejabat pertahanan tiga negara yang terdiri dari Amerika Serikat (AS), Korea Selatan (Korsel) dan Jepang mengutuk peluncuran misil Korea Utara (Korut) baru-baru ini sebagai sebuah tindakan provokatif. Peluncuran ini juga disebut sebagai ancaman serius terhadap perdamaian dan stabilitas kawasan.
Pernyataan di atas dikeluarkan oleh Pentagon setelah merilis video berisi pertemuan konferensi yang dihadiri oleh pejabat pertahanan dari tiga negara. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari aksi provokatif yang dilakukan Pemerintah Korut. Demikian sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (5/8/2016).
Baru-baru ini, Korut di bawah kepemimpinan Kim Jong-un kembali meluncurkan misil. Tragisnya, misil tersebut mendarat di daerah perairan Jepang. Tindakan ini langsung menimbulkan kecaman keras dari Pemerintah Jepang.
Sebelum ini, Pemerintah Korut terus meluncurkan misil jarak menengah. Meskipun demikian, dalam beberapa kali uji coba, aksi Korut tersebut sempat mengalami kegagalan, misalnya saat acara kongres partai. Peluncuran misil oleh Korut biasanya merupakan respons terhadap tindakan provokatif yang dilakukan Korsel dan AS.

No comments:

Post a Comment