Friday, August 5, 2016

Jepang Menuding Korut Tembakkan Rudal





TOKYO – Baru-baru ini, Pemerintah Jepang menuduh Korea Utara (Korut) di bawah kepemimpinan Kim Jong-un meluncurkan rudal dan mendarat di perairan Jepang. Merespons tindakan tersebut, Jepang berusaha mencari fragmen rudal Korut di perairan Akita. Tapi, hingga saat ini, Jepang belum berhasil menemukan sisa rudal Korut tersebut.
Informasi kegagalan tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan Jepang Tomomi Inada saat diwawancara para awak media. Padahal, Penjaga Pantai Jepang menyebut bahwa mereka telah mendeteksi beberapa puing di perairan Akita. Demikian sebagaimana dilansir Sputnik, Jumat (5/8/2016).
Inada menuturkan, pencarian awal oleh Angkatan Laut (AU) Jepang hanya menemukan benda-benda yang sebagian besar adalah sampah. Benda tersebut bukan merupakan rudal Korut.
Korut selama ini berada di bawah tekanan dunia internasional sejak mereka melakukan uji coba nuklir pada Januari dan peluncuran roket jarak jauh pada Februari. Aksi provokatif ini mengakibatkan PBB memberikan sanksi keras terhadap Pyongyang.
Merespons tindakan provokatif Korut ini, Korsel bersama dengan Amerika Serikat (AS) akan menempatkan antirudal THAAD. Penempatan ini bertujuan untuk melawan ancaman dari rezim otoriter Kim Jong-un.

No comments:

Post a Comment