Tuesday, June 7, 2016

TIRAKAT SYAIKHONA KHOLIL BANGKALAN SAAT NGAJI DI SIDOGIRI






Syaikhona Kholil Bangkalan Madura merupakan salah satu santri yang mengaji kepada Kiai Noerhasan bin Noerkhotim Sidogiri, walaupun Syaikhona Kholil Bangkalan tidak pernah mondok di pesantren yang sudah memasuki miladnya yang ke-279 ini. Syaikhona Kholil mondok di PP Keboncandi Winongan (ke timur Warungdowo, Pasuruan). Setiap hari beliau berjalan kaki menempuh jarak kira-kira 20 kolimeter ke Sidogiri untuk mengaji.
Dalam perjalanan, tiap kali menjumpai pohon besar beliau berhenti dan membaca surah Yasin satu kali. Hingga ketika sampai di Sidogiri, beliau telah membaca surah Yasin 20 kali. Begitu pula dalam perjalanan pulang setelah menimba ilmu dari Kiai Noerhasan, beliau membaca Yasin 20 kali. Dan untuk melengkapi 41 kali, beliau membaca surah Yasin satu kali ketika sampai di Warungdowo.
Selain itu, sebelum masuk ke kompleks Pondok Pesantren Sidogiri, Syaikhona Kholil terlebih dahulu melepas terompahnya, lalu berjalan tanpa alas kaki menuju tempat pengajian Kiai Noerhasan. Hal ini beliau lakukan karena ta’zhim (hormat) dan tawaduknya yang luar biasa kepada gurunya.

Disarikan dari buku Jejak Langkah 9 Masyayikh Sidogiri '2'.

No comments:

Post a Comment